Polandia

Kirim uang dari Indonesia ke luar negeri yang paling worth it? Pakai Transfez aja!

Kalau kuliah di luar negeri, salah satu hal yang paling bisa relate adalah ngirim-ngirim uang. Gw saat ini kuliah di Polandia, negara yang mungkin tidak sepopuler negara-negara Eropa lainnya kayak Jerman, Prancis, Belanda, Inggris, dimana ada banyak banget orang Indonesia yang kuliah di sana.

Di tahun 2018 yang lalu, meskipun gw dapat beasiswa penuh di Polandia saat itu, beasiswanya tuh cair sekitar 1 bulan setelah gw sampai. Jadi gw harus punya pegangan uang buat hidup di 1 bulan pertama. Nah dulu tuh gw masih belum familiar dengan aplikasi penukaran mata uang, jadi masih nukar uang cash di money changer. Ditambah lagi mata uang Polandia itu ga terkenal, namanya Polish Złoty (PLN). Jadi gw dulu nukar uang dari Rupiah ke Euro, nah di Polandia tukar lagi uang Euro ke Złoty ini. Rugi banget sih kayak kena ratenya mahal banget.

Di Polandia juga akhir-akhir ini banyak banget yang kuliah tanpa beasiswa. Karena emang di Polandia ini biaya hidup dan pendidikannya terjangkau. Sering banget yang nanya gw atau di IG @mahasiswa.pl, biasanya emak-emak yang anaknya kuliah di Polandia, tentang cara ngirim uang bulanan buat anaknya, termasuk bayar-bayaran uang kuliah. Mereka tentu cari cara kirim uang yang paling terjangkau donk, tapi agak susah karena biasanya semakin banyak yang dikirim, biaya transfer kalo kirim dari bank makin tinggi juga.

Nah gw gamau semua masalah yang gw sebutin di atas terjadi lagi sih buat kalian yang mau kuliah di luar negeri. Sekarang, uda ada aplikasi Transfez namanya. Jadi aplikasi ini tuh cocok banget buat ngirim uang dari Indonesia ke luar negeri (sampai 50 negara!), termasuk yang mata uangnya kurang terkenal kayak Polish Złoty. Dengan begini, kita ga usah nukar uang 2 kali kayak yang gw lakukan dulu.

Yang kayak gini logonya

Sekilas tentang Transfez

Transfez ini ibarat aplikasi atau produk asli Indonesia yang dibuat oleh PT INDO KOALA REMITTANCE. Artinya kalau kalian pakai aplikasi ini, kalian mendukung produk-produk Indonesia loh! Aplikasinya kalian bisa download di Apple atau juga Android, jadi kalau mau kirim-kirim tinggal lewat hape aja ga perlu ke bank lagi. Websitenya pun juga ada kalau kalian lebih nyaman pakai laptop.

Keunggulan Transfez yang gw suka

Jujur, gw paling suka Transfez karena FLAT FEE alias mau kirim berapapun, fee nya dipukul rata. Pukul ratanya tergantung negara, mulai dari 45.000 rupiah, sampai misalnya ke Polandia itu 74.000 rupiah. Udah murah, aman pula, karena sudah dapat perizinan dari Bank Indonesia dan diawasi oleh PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan). Jadi ga usah khawatir lagi karena aplikasi ini uda terjamin dan dapat diandalkan deh pokoknya. Enaknya lagi, kalian tetep bisa kirim uang kapanpun dan dimanapun, termasuk pas weekend.

Cara kirim uang pakai Transfez (GRATIS 2 kali pengiriman pertama pakai kode referral MAHASISWAPL)

Gw dulu uda pernah nyoba kirim uang dari Indonesia ke Polandia. Kalian bisa tonton videonya di bawah ini:

Dari video di atas, kalian bisa ikutin tutorial yang gw tunjukin. Kalian pas daftar atau sign up, jangan lupa masukin kode referral MAHASISWAPL biar pengiriman kalian GRATIS (2 kali loh!). Jadi mau kirim berapa banyak juga, apalagi kalau orang tua mau kirim uang kuliahan, bisa lebih menguntungkan karena ga kena biaya transfer yang mahal. Kalian juga ga usah khawatir uangnya uda sampai tahap mana, karena di aplikasinya juga sudah ada trackingnya, jadi jelas dan transparan banget.

Buat kalian yang masih bingung atau mau nanya-nanya, bisa banget hubungi Costumer Servicenya Transfez di sini. Ada nomor What’s app nya juga jadi bisa chat langsung dengan CS nya tanpa ribet.

Oke deh, mungkin sekian dulu penjelasan gw tentang cara kirim uang. Semoga bisa bermanfaat buat kalian, terutama kalian yang mau kuliah di luar negeri, entah dengan beasiswa maupun tanpa beasiswa. See you!

Leave a comment